Senin, 24 November 2008

94 JCH Asal Barut Diberangkatkan


94 JCH Asal Barut Diberangkatkan

Muara Teweh, Pelita
Sebanyak 94 orang Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Barito Utara (Barut) Kalimantan Tengah (Kalteng) dilepas kebe-rangkatannya oleh Wakil Bupati Barut Drs Oemar Zaki Hebanoeddin dihalaman kantor Bupati setempat, Minggu (9/11).
Pelepasan JCH Kabupaten Barut dihadiri unsur Muspida, Sekda, Kepala Dinas, Kepala Kejaksaan Muara Teweh, Kepala Pengadilan Negeri Muara Teweh, dan Ketua Pengadilan Agama Muara Teweh serta warga masyarakat.
Dengan diiringi doa kepada Allah SWT, semoga rombongan jamaah calon haji kabupaten Barito Utara tahun 2008 ini mendapat berkah, keselamatan, kesehatan dan memperoleh predikat haji yang mabrur, kata Oemar Zaki saat melepas CJH Barut.
Pelepasan CJH asal Kabupaten Barut ini menuju asrama haji Embarkasi Syamsudinor Banjarbaru Kalimantan Selatan (Kalsel) dengan dibagi dua kloter yaitu kloter 5 dan kloter 6.
Sementara, Kepala Kantor Departemen Agama (Depag) Barut H Ubaidillah Akhmad mengatakan untuk keberangkatan tahap pertama yaitu kloter lima dengan jumlah jemaah sebanyak 61 orang, jemaah calon haji ini mulai masuk asrama haji di Banjarmasin pada tanggal 10 November 2008 dengan jadwal tiba pada pukul 10.00 WIB, kemudian diberangkatkan pada tanggal 11 Nopember menuju Jeddah Araf Saudi.
Sedangkan, untuk Kloter enam yang berjumlah 33 orang masuk asrama haji Embarkasi Banjarmasin pada tanggal 11 Nopember 2008 yang dijadwalkan tiba pada pukul 15.00 WIB dan akan dibe-rangkatkan pada 12 Nopember sekitar pukul 15.45 WIB menuju Jeddah.
Dari dua kloter untuk jamaah asal Barut nantinya masing-masing dipimpin oleh ketua regu yang terdiri satu orang dalam setiap kloter, untuk kloter lima nantinya akan dipimpin oleh Holan Bakhrudin SpdI, katanya.
Sedangkan untuk kloter enam tambahnya, dipimpin oleh Mudlopar SH, ditambah utusan dari Pemerintah Daerah ada tiga orang yaitu M Ihksan, Rijalul Patah dan Korinson. Dan Insya Allah jamaah akan kembali ke tanah air pada tanggal 20 Desember 2008, katanya.
Dijelaskannya, sebelum diberangkatkan dari Barut menuju asrama haji di Banjarbaru para jamaah terlebih dahulu diberikan pelatihan atau manasik dengan cara berkelompok yang dimulai dari tanggal 8 s/d 18 Oktober 2008 dengan dipandu oleh ustad H Rusmadi LC dan H Darmawi, pada kelompok pertama diaula kantor Depag sedangkan kelompok kedua bertempat diaula kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang dipandu oleh H Akhmad Gazali SpdI dan H Hamzah SpdI.
Jamaah perlu diberikan bimbingan untuk pembekalan haji dalam melaksanakan supaya nantinya dapat lebih mandiri dalam perjalanan dan juga dalam beribadah disana, kata Ubaidillah Akhmad.
Demikian pula, kata dia, dengan masalah kesehatan para jamaah yang terlebih dahulu dicek kesehatannya melalui dinas yang ditunjuk oleh pemerintah Daerah melalui suntikan maningintis yang bertujuan agar mencegah penyakit yang menyerang pada selaput otak.
Para jamaah haji asal Barut sebelum diberangkatkan terlebih dahulu diperiksa kesehatannya oleh dinas yang ditunjuk Pemda setempat, katanya.
Untuk jumlah jamaah calon haji asal Kalimantan Tengah yang akan diberangkatkan pada musim haji tahun 2008 berjumlah 1.127 orang yang terdiri dari tim pemandu haji Daerah 13 orang dan petugas kloter 20 orang dengan jumlah keseluruhan 1.159 orang.

Tidak ada komentar: